JAMU SESAK NAFAS, ASMA SEMBUH PERMANEN

Kabar gembira, Bagi anda atau saudara/teman anda yang menderita sesak napas,asma, karena merokok atau sebab lain, kini tersedia obatnya, InsyaAllah sembuh, 90 % pasien kami sembuh total, minimal bebas kertegantungan obat. Bagi anda yang ingin mencoba (sample gratis), SMS nama dan alamat , kirim ke 081392593617. Klik Disni

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Selasa, 08 November 2011

Temanggung : Petani tembakau tetap gigit jari


DERITA PETANI TEMBAKAU DI TEMANGGUNG
JAKARTA. Ismanto tersenyum puas. Sebab, hasil panen tembakau yang berlangsung Agustus-Oktober lalu lebih baik ketimbang tahun lalu. Petani tembakau asal Tlahap, Temanggung, Jawa Tengah, ini baru saja memanen 500 kilogram (kg) tembakau dari lahan seluas 7.000 meter persegi (m2).
Setiap kilogram tembakau grade C ini ia jual seharga Rp 100.000. "Harga ini naik dua kali lipat dari tahun lalu," tuturnya. Walhasil, dalam musim panen tembakau yang berlangsung Agustus lalu, Ismanto memperoleh pendapatan hingga sekitar Rp 50 juta.
Sekilas, penghasilan ini tampak cukup besar. Tapi sebetulnya, berhubung tembakau adalah tanaman semusim, Ismanto hanya bisa menikmati penghasilan ini sekali setahun. Penghasilan ini pun harus ia bagi lagi kepada empat orang keluarga yang turut menggarap lahannya.
Meski tak seberapa, namun Ismanto tetap senang. "Setidaknya tahun ini petani mendapatkan harga yang fair dari tengkulak," ujarnya.
Memang, di tahun-tahun sebelumnya, nasib petani di salah satu sentra tanaman tembakau ini tak begitu bagus. Soalnya, kualitas tembakau tahun lalu lebih buruk dari tahun ini. Karena itu, harga tembakau rendah. Namun, tahun ini, harga tembakau meningkat sekitar 25%-50% ketimbang tahun lalu.
Ismanto yang juga menjabat sebagai Ketua Petani Tlahap menjelaskan, saat ini harga tembakau grade A atau terendah berkisar Rp 40.000-Rp 60.000 per kg. Adapun harga tembakau grade B Rp 80.000-Rp 90.000 per kg, grade C Rp 120.000 per kg, dan grade D Rp 125.000-Rp 150.000 per kg. Kebanyakan tembakau di Tlahap masuk kategori grade A hingga D.
Harga dan kualitas tembakau tahun ini memang lebih baik. Namun, tidak jarang keuntungan yang mestinya dinikmati petani digunting oleh para grader, alias pembeli sekaligus penilai kualitas tembakau. "Harga beli yang diberikan grader di awal dan pada saat dibayar sering tidak sesuai. Misalnya di awal tembakau dihargai Rp 80.000 per kg, namun pada saat pembayaran cuma dihargai Rp 65.000-Rp 70.000 per kg," tutur Ismanto.
Ironisnya, petani pasrah dan tak bisa berbuat apa-apa. Pasalnya, sebagian dari mereka juga terjerat utang kepada para grader yang sekaligus tengkulak itu.
Salah satu petani yang mengalami ketidakadilan perdagangan tembakau ialah Maryanto. Ia mengaku, para grader sering memotong harga beli tembakau 30%-50% dari harga yang telah disepakati sebelumnya. Lalu, "Dari satu kuintal tembakau yang dibawah ke tengkulak, mereka mengambil sampel 20 kg. Jumlah ini besar sekali bagi kami," tutur Maryanto.
Tidak jarang, menurut Maryanto, timbangan para tengkulak dengan timbangan milik petani juga bisa selisih 4 kg sampai 7 kg. Jadi, umpama petani membawa 50 kg tembakau, bila ditimbang di tengkulak jumlah ini bisa menyusut menjadi 46 kg atau malahan hanya 43 kg.
Tidak jarang tengkulak juga menjerat petani dengan bunga pinjaman yang tinggi. Misalnya yang dialami Sabar Wijayanto, juga petani tembakau. Di musim panen tahun ini, ia menggelontorkan modal Rp 10 juta yang ia pinjam dari tengkulak. "Utang ditambah bunga mencapai Rp 12,5 juta," ujarnya.
Meski dipatok bunga 25%, Sabar tetap rajin meminjam modal dari tengkulak karena hingga kini bank masih sukar mengucurkan pinjaman kepada mereka.
Tidak sejahtera
Menurut Ismanto, ketimpangan perdagangan tembakau di Temanggung sebetulnya sudah terjadi sejak lama. "Sudah 15 tahun petani tidak dibayar tunai dan harganya tidak sesuai kesepakatan, kalau ini dibiarkan terus, lama-lama petani tidak mau menanam tembakau," tuturnya.
Padahal, total penduduk yang bermatapencaharian di seputar tembakau di Temanggung mencapai 500.000 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 300.000 orang merupakan petani tembakau.
Tahun ini, para petani di Temanggung memanen 9.800 ton tembakau, naik 63,3% dari tahun lalu yang sekitar 6.000 ton. Panen ini berasal dari lahan tembakau seluas 14.400 hektare (ha), atau menyusut 26,53% dari luas lahan 2005 yang mencapai 19.600 ha.
Omzet hasil panen tembakau di Temanggung tahun ini diperkirakan mencapai Rp 10 triliun, naik dua kali lipat dari tahun lalu. "Meski petani lebih banyak, namun mereka hanya mencicipi 40% dari pendapatan ini," tutur Ismanto.
Itu sebabnya, kesejahteraan petani di masih di bawah standar. Majelis Pembina Kesehatan Umum Muhammadiyah pernah meneliti, penghasilan rata-rata petani tembakau di Temanggung hanya sekitar Rp 400.000 per bulan, atau setengah dari penghasilan rata-rata nasional.
Terkait hal ini, Agus Hasanudin, Direktur Tanaman Semusim Kementerian Pertanian menilai, harga tembakau di Temanggung memang berbeda-beda sesuai dengan kualitasnya. Agar keuntungan petani lebih maksimal, Agus menyarankan petani memanfaatkan kelompok tani atau koperasi.
"Mereka meminjam duit dan menjual tembakau dengan sistem ijon, kami tidak bisa apa-apa karena sudah ada perjanjian. Jika mereka protes kepada kami, itu tidak fair," kata Agus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Online Paling Meunguntungkan
Aduh maaak, terima kasih Tuhan, terima kasih webmaster. Saya bisa kuliahkan anak dan membantu biaya berobat ibu saya yg sakit dengan dana ini. Setelah itu saya betul2 percaya bahwa program bisnis ini bener2 bekerja. Sejak itu saya mulai aktif mempromosikan bisnis ini ke siapa saja, lewat email, milis, sms, dll. Sekarang hasilnya sudah lebih dari 500 juta masuk ke rekening bank saya. Sekali lagi terima kasih webmaster program 5 milyar
. Klik Disini

Salam, Bambang Widjatmoko, Surabaya (Kesaksian)

Informasi penting: Teknik Membeli Rumah Terbaik

Masukkan nama & email anda di sini dan dapatkan informasi properti diatas, GRATIS!

Nama:

Email:

Wirausaha Mobil Bekas Pasang Iklan Rumah Kontak Jodoh