JAMU SESAK NAFAS, ASMA SEMBUH PERMANEN

Kabar gembira, Bagi anda atau saudara/teman anda yang menderita sesak napas,asma, karena merokok atau sebab lain, kini tersedia obatnya, InsyaAllah sembuh, 90 % pasien kami sembuh total, minimal bebas kertegantungan obat. Bagi anda yang ingin mencoba (sample gratis), SMS nama dan alamat , kirim ke 081392593617. Klik Disni

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Kamis, 22 Maret 2012

Warta Temanggung : Hujan dan Angin Tak Pengaruhi Kualitas Kopi

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
foto: ant
TEMANGGUNG - Tingginya intensitas hujan disertai angin yang sering terjadi akhir-akhir ini diperkirakan tidak akan mempengaruhi kualitas buah kopi. Pasalnya, pada awal tahun ini kopi sudah tumbuh menjadi buah, sehingga tidak akan mudah rontok saat seperti masih menjadi bunga kopi.
Hal itu dikatakan Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian, Perkebunan, dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Temanggung Rumantyo. Kendati demikian, menurutnya petani tetap harus mewaspadai kemungkinan tumbuhnya jamur.
"Berpengaruh secara kualitas saya rasa tidak ya, cuma perlu diwaspadai karena musim seperti sekarang menjadikan kelembapan udara tinggi, sehingga potensial untuk tumbuhnya jamur, yang bisa menyebabkan kematian pada pohon kopi," ujarnya.
Dikatakan, dimusim hujan yang lembab spora jamur mudah berkembang biak dengan cepat. Bahayanya, jamur ini dapat berkembang pula pada batang, daun, maupun akar tanaman kopi. Jika dibiarkan, pohon bisa menjadi kering kemudian mati. Pada akhirnya akan berpengaruh pula pada jumlah produksi.
Untuk menghindari berkembangnya jamur, dia mengimbau agar tanaman kopi di rawat dengan baik. Antara lain, dengan cara mengurangi naungan agar sekitar pohom tidak terlalu lembab. Bisa juga memangkas ranting pohon yang tidak lagi produktif.
"Yang perlu diwaspadai petani jangan terlalu lembab, dengan begitu, pohon dan buah kopi akan mendapat sinar langsung dari matahari. Maksudnya, biar sirkulasi udara lancar, hingga tumbuhnya jamur pada pohon kopi bisa di minimalisir, agar produksi sesuai estimasi," jelasnya.
 
Di Temanggung sendiri terdapat dua jenis tanaman kopi yakni robusta dan arabika. Wilayah penghasil robusta antara lain, Kecamatan Jumo, Candiroto, Wonoboyo, Bejen, Pringsurat dengan total luasan lahan mencapai kurang lebih 10 ribu hektare. Dari luas tersebut kata Rumantyo bisa dihasilkan panen sebanyak 700 ton ose (biji kopi kering).
Sedangkan sentra kopi robusta berada di dataran tinggi, sekitar 800 meter di atas permukaan laut (mdpl), seperti di Kecamatan Kledung, Bansari, Ngadirejo, dan Tretep. Luas lahannya 1.400 hektare. Dari luas tersebut, kurang lebih bisa dihasilakn panenan 40 hingga 50 ton oce.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Online Paling Meunguntungkan
Aduh maaak, terima kasih Tuhan, terima kasih webmaster. Saya bisa kuliahkan anak dan membantu biaya berobat ibu saya yg sakit dengan dana ini. Setelah itu saya betul2 percaya bahwa program bisnis ini bener2 bekerja. Sejak itu saya mulai aktif mempromosikan bisnis ini ke siapa saja, lewat email, milis, sms, dll. Sekarang hasilnya sudah lebih dari 500 juta masuk ke rekening bank saya. Sekali lagi terima kasih webmaster program 5 milyar
. Klik Disini

Salam, Bambang Widjatmoko, Surabaya (Kesaksian)

Informasi penting: Teknik Membeli Rumah Terbaik

Masukkan nama & email anda di sini dan dapatkan informasi properti diatas, GRATIS!

Nama:

Email:

Wirausaha Mobil Bekas Pasang Iklan Rumah Kontak Jodoh