JAMU SESAK NAFAS, ASMA SEMBUH PERMANEN

Kabar gembira, Bagi anda atau saudara/teman anda yang menderita sesak napas,asma, karena merokok atau sebab lain, kini tersedia obatnya, InsyaAllah sembuh, 90 % pasien kami sembuh total, minimal bebas kertegantungan obat. Bagi anda yang ingin mencoba (sample gratis), SMS nama dan alamat , kirim ke 081392593617. Klik Disni

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Senin, 06 Februari 2012

Warta Kebumen : Jauhkan Sengakala, Peternak Gelar Gebyag Cah Angon

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
BAKAR GUBUG: Para peternak membakar gubug dalam tradisi gebyag cah angon di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kebumen, Minggu (5/2). (suaramerdeka.com/ Supriyanto)
KEBUMEN – Pelaksanaan tradisi gebyag cah angon di Desa Entak, Kecamatan Ambal, Kebumen berlangsung cukup meriah, Minggu (5/2). Ribuan warga berbondong-bondong menyaksikan tradisi tahunan yang digelar setiap tanggal 12 Rabilul Awal tersebut.
Tradisi ini dimulai dengan arak-arakan sapi oleh pemiliknya. Arak-arakan dimulai dari perkampungan hingga lokasi tempat acara dimulai yakni di persawahan di pinggir pantai. Sebelum diarak setiap pemilik ternak atau cah angon mendandadani sapi dengan berbagai aksesoris.
Setelah memarkir sapinya, para pemilik sapi kemudian ke pantai Pranji. Mereka membawa bekal untuk dimakan bersama-sama di pantai. Oleh masyarakat Desa Entak, tradisi membawa bekal untuk dimakan bersama ini disebut entak-entik.
Tradisi tersebut sebenarnya hampir sama dengan tradisi bongkohan di Kecamatan Puring. Selain pemilik sapi, warga yang tidak memiliki hewan ternak pun datang ke pantai dengan membawa bekal sendiri-sendiri. Bekal tersebut kemudian dimakan bersama keluarga di pantai.
Bakar Gubug
Sebagai puncak acara gebyag cah angon, ratusan warga bersama-sama melakukan besem atau bakar gubug. Hal itu sebagai simbol agar para pemilik ternak dijauhkan dari sengakala dan diberi keselamatan. Acara pestanya para peternak itu dimeriahkan dengan berbagai hiburan kesenian tradisional seperti penampilan kelompok kuda kepang, ndolalak dan panjat pinang.
Ada yang berbeda pada pelaksanaan gebyag cah angon tahun ini. Kegiatan dilaksanakan di dua tempat. Antara satu tempat dengan tempat lain hanya berjarak sekitar 500 meter. Kemeriaan acara pun terbagi menjadi dua. Namun acara yang di sebelah barat lebih sederhana, termasuk konsentrasi aparat keamanan yang berada di sisi timur.
Anggota Komisi B DPRD Kebumen Mukayat SAg yang menghadiri kedua lokasi mengatakan, gebyag cah angon merupakan tradisi warisan leluhur di desa Entak, Kecamatan Ambal. Kegiatan ini sebagai sebagai simbol untuk meminta kepada Tuhan agar para peternak dijauhkan dari musibah. "Dilaksanakan di dua tempat tidak masalah, dahulu bahkan di satu desa ada banyak acara serupa," ujar Mukayat.
Ketua Serikat Remaja Urut Sewu (Sereus) Desa Entak, Afifudin mengatakan, selain untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW, tradisi ini menjadi doa minta berkah bagi warga pesisir selatan. "Tradisi ini sekaligus menunjukkan masih tingginya semangat gotong royong dan kebersamaan masyarakat urut sewu," katanya.
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bisnis Online Paling Meunguntungkan
Aduh maaak, terima kasih Tuhan, terima kasih webmaster. Saya bisa kuliahkan anak dan membantu biaya berobat ibu saya yg sakit dengan dana ini. Setelah itu saya betul2 percaya bahwa program bisnis ini bener2 bekerja. Sejak itu saya mulai aktif mempromosikan bisnis ini ke siapa saja, lewat email, milis, sms, dll. Sekarang hasilnya sudah lebih dari 500 juta masuk ke rekening bank saya. Sekali lagi terima kasih webmaster program 5 milyar
. Klik Disini

Salam, Bambang Widjatmoko, Surabaya (Kesaksian)

Informasi penting: Teknik Membeli Rumah Terbaik

Masukkan nama & email anda di sini dan dapatkan informasi properti diatas, GRATIS!

Nama:

Email:

Wirausaha Mobil Bekas Pasang Iklan Rumah Kontak Jodoh